Hubungan berat badan dengan pneumonia

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI

Rancangan penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan korelasi dengan cross sectional. Usia bulan, Status imunisasi lengkap, dan Status gizi baik. Pada bayi dan anak kecil ditemukan staphylococcus aureus sebagai penyebab pneumonia yang berat, dan sangat profesif dengan mortalitas tinggi.

Walaupun biasanya ada demam, suhu biasanya lebih rendah daripada pneumonia bakteri. Baku Harvard digunakan dalam penilaian status gizi anak balita dan anak umur sekolah. Sehingga, meskipun anak memiliki riwayat BBLR saat lahir, hal tersebut tidak menjadi dasar atau faktor utama yang menyebabkan anak mengalami infeksi khususnya pneumonia, apabila anak mendapatkan gizi yang cukup dan sesuai, ASI eksklusif mengandung immunoglobulindan imunisasi yang lengkap.

Klasifikasi pneumonia pada balita 32 3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Gizi. Imunologi Mukosa Sistem imunitas mukosa merupakan bagian sistem imunitas yang penting dan berlawanan sifatnya dari sistem imunitas yang lain.

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta,p: Status ASI Menyusukan bayi harus dianjurkan bila bayi dan ibunya ada dalam keadaan sehat dan tidak terdapat kelainan-kelainan yang tidak memungkinkan untuk menyusu. Pada saat pertahanan tubuh menurun, misalnya karena penyakit, usia lanjut, dan malnutrisi, bakteri pneumonia akan dengan cepat berkembang biak dan merusak paru-paru.

IgA sekretorik yang bertugas sebagai pertahanan tubuh, pada anak dengan malnutrisi, menurun produksinya dan fungsinya. Ditambah lagi keterlambatan dalam memberikan pelayanan gizi akan berakibat kerusakan yang sulit dan bahkan mungkin tidak dapat ditolong.

Validasi muka merupakan uji skala alat ukur dengan mengkonsultasikan kepada ahlinya agar pertanyaan-pertanyaan dalam alat ukur tidak menyimpang dari konsep isi yang hendak diukur Machfoedz, THT-KL selaku penguji pendamping atas masukan,saran, dan koreksi untuk berbagai kekurangan dalam skripsi ini 7.

Penimbangan berat badan adalah pengukuran antropometri yang umum digunakan dan merupakan kunci yang memberi petunjuk nyata dari perkembangan tubuh yang baik maupun yang buruk. Salemba Medika; Imunoglobulin A banyak ditemukan pada permukaan mukosa saluran cerna dan saluran nafas.

Hasil penelitian menyebutkan mempunyai hubungan bermakna dengan penyakit ISPA pada balita. Sebaliknya malnutrisi, walaupun ringan berpengaruh negatif terhadap daya tahan tubuh sehingga anak menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Diharapkan peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih men-dalam lagi tentang faktor resiko pneumonia pada balita, dengan meto-de yang berbeda misalnya dengan studi kohort.

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PNEUMONIAE

Beberapa istilah yang terkait dengan status gizi antara lain Supariasa, Terjadinya ISPA di pengaruhi atau ditimbulkan oleh tiga hal yaitu adanya kuman terdiri dari lebih jenis bakteri, virus, dan riketsia keadaan daya tahan tubuh status gizi dan imunisasi dan keadaan lingkungan rumah yang kurang ventilasi, lembab, basah, dan kepadatan penghuni Depkes, Pengaruh Status Gizi Terhadap Kekebalan Tubuh Telah lama diketahui adanya interaksi sinergistis antara malnutrisi dan infeksi.

Umur Terjadinya ISPA terutama pneumonia pada anak balita dipengaruhi oleh faktor usia anak yang berumur kurang dari 2 tahun mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk terkena pnemonia dibandingkan dengan anak umur 3 tabun sampai 5 tahun.

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK ...

Pengertian Pneumonia Pneumonia adalah proses infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru alveoli. Pada keadaan - keadaan tertentu dibenarkan memberikan bayi makanan padat setelah berumur 4 bulan tetapi belum mencapai 6 bulan. Disamping itu dalam kegiatan penapisan status gizi masyarakat selalu menggunakan metode tersebut Supariasa, Pneumonia Pneumonia merupakan peradangan yang mengenai parenkim paru, distal dari bronkiolus terminalis yang mencangkup bronkiolus respiratorius, dan alveoli, serta menimbulkan konsolidasi jaringan paru dan gangguan pertukaran udara setempat Dahlan, Sakit ringan ini yang berakhir beberapa hari lamanya dengan mulainya mendadak demam C atau lebih tinggi, gelisah, ketakutan dan distres pernapasan.

Di masyarakat, cara pengukuran status gizi yang paling sering digunakan adalah antropometri gizi. Misalnya, karena infeksi virus flu. Pengukuran Status Gizi.Usia yang paling sering bulan 35,1% dengan status nutrisi baik 56,11%, diagnosis yang paling banyak adalah pneumonia berat 76,3%.

Analisis bivariat menunjukan terdapat hubungan antara status gizi dengan derajat keparahan pneumonia, dengan Author: Artawan Artawan, Putu Siadi Purniti, I G Lanang Sidiartha. Balita dengan status gizi buruk lebih banyak menderita pneumonia berat (38,9%) secara statistik terdapat hubungan bermakna (p-value=0,).

Simpulannya, terdapat hubungan antara pemberian ASI dan status gizi dengan kejadian Pneumonia dan tidak terdapat hubungan antara berat badan lahir, dan lama pemberian ASI dengan kejadian justgohostelbraga.com: Dedi Irfan, Lisa Adhia Garina, R.

Rizky Suganda Prawiradilaga. Pada pneumonia ringan, dapat diberikan antibiotik tablet/pil (per oral), analgetik ringan, dan istirahat. Namun, penderita dengan sesak napas hebat, penderita dengan gejala pneumonia berat, penderita dengan penyakit penyerta lain, atau penderita usia tua perlu dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan antibiotik suntik dan pengawasan lebih ketat.

11/23/ · Hasil penlitian sejalan dengan hasil penelitian Herawati () dimana riwayat berat badan lahir dengan berat badan > gram tidak ada hubungan yang signifikan dengan status gizi balita saat sekarang dengan nilai p-value = (p-value > ) mungkin ada penyebab lain.

Hubungan Rumah Tidak Sehat Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita

Hasil penelitian menyebutkan mempunyai hubungan bermakna dengan penyakit ISPA pada balita. Penelitian selanjutnya dilakukan oleh Sukmawati, Sri Dara Ayu tahuntentang hubungan status gizi, berat badan lahir, imunisasi dengan kejadian ISPA pada balita di wilayah kerja puskesmas tunikamaseang kecamatan bontoa kabupaten maros.

Tambunan, Berat Badan Lahir Bayi dan Infeksi Nosokomial (Lihat tabel 2).

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA DI

Hal ini menunjukkan interaksi antara berat badan lahir dengan penggunaan long line intravenous catheter/ kateter justgohostelbraga.com multivariat pada model akhir terlihat pada tabel 3.

Hubungan berat badan dengan pneumonia
Rated 0/5 based on 75 review